AKAD INFAQ TAKAFUL

tulisan Infaq TakafulKONTRAK PERJANJIAN IURAN KEMATIAN /

AKAD INFAQ TAKAFUL

PENDAHULUAN

Iuran Kematian atau Infaq Takaful adalah cara preventif untuk memberikan jaminan pelunasan kredit seperti Kredit SPP – Simpan Pinjam Kelompok Perempuan, UEP – Usaha Ekonomi Produktif, dan lain-lain untuk nasabah atau anggota kelompok maupun masyarakat umum, secara tanggung-renteng, sesuai dengan pinjaman yang telah ditetapkan, apabila peserta atau anggota mengalami musibah yang menyebabkan meninggal dunia dalam masa akad kredit.

Pelayanan tambahan yang diberikan Lembaga Pemberi Kredit dalam hal ini adalah Unit Pengelola Kegiatan ( UPK) Sinergis, menimbulkan manfaat tambahan pula baik untuk Lembaga Pemberi Kredit maupun untuk nasabah.

Manfaat tambahan tersebut adalah Lembaga Pemberi Kredit yaitu UPK SINERGIS mendapat jaminan bahwa pembiayaan akan dilunasi bila nasabah meninggal dunia dan ahli waris yang ditinggalkan tidak menanggung beban hutang. Hal tersebut terlaksana dengan biaya yang rendah dan administrasi yang sederhana dengan cara seksama dan tanggungrenteng.

KONTRAK / AQAD

Kontrak infaq ini adalah tanggung renteng dan perwakilan, dimana Unit Pengelola Kegiatan (UPK) SINERGIS dalam iuran / infaq ini berfungsi sebagai wakil peserta secara tanggung renteng untuk mengelola premi (iuran takaful) peserta sehingga manfaat takaful dapat diberikan kepada nasabah UPK SINERGIS.

IURAN TAKAFUL / PREMI

Iuran Takaful / Premi, yakni sejumlah uang yang disetor oleh peserta / anggota yang secara sukarela dan tidak untuk diminta kembali, ditujukan untuk secara bersama-sama / tanggungrenteng memberikan manfaat takaful-tanggung-renteng ( asuransi).

MANFAAT TAKAFUL

  1. Santunan meninggal dunia sebesar manfaat Takaful akan dibayarkan kepada Lembaga Pemberi Kredit (UPK SINERGIS) apabila peserta /anggota SPP/UEP meninggal dunia dalam masa asuransi (masa pinjaman).
  2. Tidak ada pembayaran apapun bilamana peserta masih hidup pada akhir masa kontrak pinjaman / asuransi.
  3. Setiap kelompok/ peserta memperoleh sertifikat kepesertaan.

PILIHAN MANFAAT

Alternatif 1.

Manfaat Menurun Bulanan dengan margin keuntungan yaitu sebesar pokok pinjaman diitambah margin Jasa ke UPK dan Tambahan Uang Duka sesuai kemampuan saldo dana dari Jasa Deposito Berjangka untuk kontrak setelah 26 Januari 2014.

Alternatif 2.

Manfaat Menurun Bulanan dengan margin keuntungan yaitu sebesar pokok pinjaman diitambah margin Jasa ke UPK untuk kontrak setelah September 2008.

Alternatif 3.

Manfaat Menurun Bulanan tanpa margin keuntungan yaitu sebesar sisa pokok pinjaman saja bagi kontrak sebelum september 2008.

MASA ASURANSI

Masa asuransi dapat dipilih mulai dari 1 (satu) atau 18 Bulan dengan pembayaran dimuka untuk infaq takaful (tahunan), bulanan (masa sebelum september 2008). Masa asuransi disesuaikan dengan lama angsuran kredit yang ada di UPK sebagaimana akad kredit.

PEMBAYARAN PREMI

Pembayaran premi adalah secara sekaligus dimuka, sebesar 0.6 s/d 0,9% dari jumlah pinjaman. Premi pinjaman Rp.3.000.000,- ke atas dapat berubah menurut keadaan dan dapat ditinjau kembali sewaktu-waktu.

HARGA PREMI

Jumlah Pinjaman peserta menentukan harga premi yang harus dibayar. Untuk pinjaman reguler 1 tahun, perhitungannya adalah sebesar 0,6% dari pinjaman. Perhitungan premi selain reguler akan diperhitungkan kemudian.

KETENTUAN

Setelah anggota membayar premi infaq maka dapat dilakukan klaim dengan batas waktu sampai dengan masa angsurannya habis.

Klaim bagi masa perguliran sebelum ditetapkannya aturan ini maka santunan diberikan hanya pokok terhutang, dan bagi peserta perguliran setelah ditetapkannya aturan ini maka akan dibayarkan klaim pokok beserta jasanya. Adapun tambahan manfaat diambilkan dari jasa deposito sesuai dengan rasio kecukupan dananya.

Apabila saldo dana santunan infaq takaful tidak mencukupi maka penyelesaiannya akan dialokasikan melalui dana stimulan surplus UPK akhir tahun tersebut (tahun takwim) dari alokasi dana sosial.

KEPESERTAAN

  1. Calon peserta diwakilkan oleh pengurus kelompok diwajibkan terlebih dahulu mengisi dan menandatangani Surat Perjanjian Kredit, atau Form kepesertaan yang disediakan oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) SINERGIS dan melampirkan copy KTP yang masih berlaku, dalam Proposal Usulan Kegiatan.
  2. Apabila informasi yang terdapat dalam Proposal atas diri calon peserta / tertanggung diketemukan hal-hal yang mengandung resiko, maka calon peserta / tertanggung wajib menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) SINERGIS. Maksimal pada saat Verifikasi atau pada saat pencairan dana.
  3. Usia tinjauan minimum peserta pada saat pengajuan adalah 18 tahun dan maksimum 60 tahun pada masa akhir masa asuransi, dengan pertimbangan pemberlakuan asumsi usia antara peserta adalah 40 tahun.
  4. Untuk usia lebih dari 60 Th bukan warga RTM dengan pinjaman diatas Rp.4.000.000,- dengan tempo 12 bulan pinjaman dipersyaratkan menggunakan Keterangan dari Dokter (MED/Medical).

PERSYARATAN KLAIM

  1. Surat pengajuan klaim dari salah satu ahli warisnya dan atau dari KED, secara lisan atau tertulis.
  2. Copy Kuitansi pembayaran premi Infaq Takaful
  3. Copy KTP peserta dan yang mengajukan klaim / Ketua Kelompok.
  4. Surat keterangan meninggal dunia diketahui oleh Lurah / Kepala Desa setempat
  5. Dapat dilengkapi surat keterangan meninggal dunia dari Rumah Sakit atau Dokter yang merawat, apabila ada.
  6. Visum et Repertum jika peserta meninggal tidak wajar.
  7. Surat keterangan dari Polisi jika meninggal karena kecelakaan.
  8. Kronologis kejadian dari Keluarga terdekat / Ketua Kelompok / ahli waris jika peserta meninggal di rumah dan tidak ada keterangan dokter.

KETENTUAN LAIN

Ketentuan ini berlaku, pada saat ditetapkan dan mengikat bersama, dan apabila dipandang perlu maka ketentuan ini dapat ditinjau kembali

Ditetapkan di; Mrebet

Pada pukul 10.15 WIB, 29 Juni 2009.

Direvisi ulang per 26 Januari 2014

                   Mengetahui,                                               Dibuat Oleh.

     Ketua MAD / Pimpinan Forum                          Ketua UPK SINERGIS

                                  Bangun Irianto, S.Pd.                                Fadlun Edy Susilo, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *