Sebagai Rekan Kerja Anda Termasuk Berperan Sebagai Sinergisme Atau Antagonisme?

(sumber: http://ptnasa.net/)

upksinergis.com  Dalam sebuah penelitian perlakuan terhadap kelompok kelinci dilakukan dua perlakuan. Interaksi antar suatu senyawa obat dapat berupa sinergisme atau antagonisme. Sinergisme adalah salah satu interaksi yang terjadi antara dua jenis obat yang berbeda, apabila kedua obat tersebut diberikan secara bersamaan maka akan memperkuat efek salah satu senyawa obat atau efek dari kedua dari obat tersebut. Sedangkan apabila sebaliknya (interaksi tersebut melemahkan efek) maka disebut antagonisme.

Dalam psikologi organisasi, dalam perusahaan sering kali secara langsung maupun tidak langsung pendapatan maupun gaji yang diterima karyawan bisa menjadi stimulus dalam dua hal, interaksi sinergisme ataukah antagonisme. Lakukan hal di bawah agar Anda tidak dicap sebagai peran antagonis.

Pertama, lakukan kegiatan yang tergabung, karena biasanya pengaruhnya lebih besar daripada satu per satu.

Kedua, jangan membantah, lakukan yang terbaik sebisa Anda, dan tunjukan Anda adalah insan yang berguna bagi orang lain, berapapun gaji yang Anda terima.

Ketiga, jangan memusuhi sesama rekan kerja, karena Anda tidak tahu kapan Anda membutuhkan dan dibutuhkan oleh orang lain.

Keempat, lakukan dengan ikhlas dan jangan sekali-kali berbohong. Dengan  ikhlas maka Anda akan semangat bekerja, dan dengan jujur Anda akan selamat dari lingkaran setan energi negatif.

Kelima, jadilah bagian yang sehat bukan penghambat kemajuan perusahaan.

Satu tahap demi tahap lain yang Anda lakukan dalam kegiatan di lingkungan pekerjaan, akan sangat bermanfaat dan menjadikan hasil yang lebih berkah.

Selamat mencoba!