Tidak Perlu Menjadi Semut Untuk Menjadi Sinergis. Begini Penjelasannya!

(sumber: http://ikhtisar.com)

upksinergis.com  Sinergi berasal dari bahasa Yunani synergos, artinya bekerja bersama-sama. Sinergi adalah sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu harmoni yang seimbang sehingga dalam jangka pendek dan jangka panjang menghasilkan sesuatu yang maksimum dan optimum. Agak formal sedikit guys, beberapa syarat utama menghasilkan sinergi yakni trust, komunikasi yang efektif, team work, team spirit dan feedback yang cepat, dan kreativitas antar bagian yang terkoordinasi dengan baik, seperti seekor semut.

Kelanjutan dalam berpikir kaidah sinergi ada beberapa berprinsip sinergis. Maksudnya, sebagai makhluk sosial kita menyadari sepenuhnya bahwa di dunia ini tidak ada manusia sempurna seutuhnya, dan pasti memerlukan kerjasama melalui dan bersama orang lain. Adanya tindakan sinergis, berarti menyatuhkan beberapa orang ke dalam suatu sistem kerja sama terpadu guna mencapai kesuksesan bersama. Diperlukan kolaborasi yang setidaknya mewakili spirit berikut:

Team Spirit dan Team Work

Berarti wajib dibentuk kelompok kerja sebagai the winning team, sebagaimana target atau gol yang telah ditetapkan sebagai grand design tujuan perusahaan. Akan berbeda hasilnya jika pekerjaan itu dikerjakan sendiri, mulai perencanaan sampai akhir penyelesaian, tidak ada yang diunggulkan dan tidak ada yang direndahkan, lazimnya satu kesatuan utuh anggota badan seorang manusia. Dengan adanya team work juga harus dimiliki kesamaan pandang dan arah gerak yang hendak dituju.

Keterampilan saling melengkapi

Ilustrasi pada pembangunan sebuah gedung mulai dari gambar arsitekturnya, teknik konstruksinya, bahkan pembangunannya tidaklah dapat dimaknai sepotong-potong. Mereka antar bagian mengerjakan  sendiri-sendiri bersama orang lain saling melengkapi tanpa overlaping.

Perampingan dan mengurangi redundansi

Organisasi yang ramping dan efektif serta efisien merupakan muara yang hendak dituju akan sinergitas itu sendiri. Cost produsen cokelat misalnya, dibanding produsen roti lokal, kedua bisnis tersebut –coklat dan roti– akan mendapatkan keuntungan dari koneksi sinergik yang sulit didapat, jika hal tersebut hanya dilakukan sendirian.

Spesialisasi dan Generalisasi

Awarreness atau kesadaran pribadi sebagai anggota tim yang terspesialisasi dengan keahlian masing-masing, yang terlepas dari pencitraan dan mengutamakan produktifitas merupakan tuntutan pekerjaan bersama

Trust atau Saling Percaya

Trust merupakan sesuatu hal yang penting bagi sebuah hubungan karena di dalamnya terdapat kesempatan untuk melakukan aktivitas yang kooperatif, pengetahuan, self-respect, dan nilai moral lainnya.

Win-win Solutions

Kerjasama Win-win yang dihasilkan melalui Kolaborasi masing-masing tanpa adanya Perasaan Kalah, akan menghasilkan 1 + 1 = 3 menurut The 7 Habits of Highly Effective People sinergi berarti aling mengisi dan melengkapi perbedaan untuk mencapai Hasil Lebih Besar daripada Jumlah bagian per bagian.

Sudahkah Anda sinergis?