The End of Leadership – Rekrutmen UPK Sinergis Maret 2016

yin yangThe End of Leadership adalah judul buku karya Barbara Kellerman. Karena dia adalah seorang penulis di bidang leadership yang sangat terkenal dan dihormati, saya pun tertarik untuk membacanya. Kesimpulan dari buku tersebut adalah bahwa dulu seorang leader sangat dominan dan banyak orang ingin dekat dengannya karena mereka ingin seperti pemimpinnya. Dewasa ini seorang leader tidak harus dominan ketika para pengikut atau pembantunya memiliki values, pengalaman, dan pengetahuan yang sudah hamper sama atau setara dengan leader tersebut. Dengan demikian, maka kepemimpinan dengan sendirinya pun harus mulai berubah lebih kepada synergy, teamwork, dan team spirit.

            Sinergitas dan kerjasama yang baik terjadi ketika pemimpin dan pengikutnya memiliki kesamaan focus pada apa yang ingin dicapai. Oleh karena itu, tim berada untuk mendampingi seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab harus terdiri atas orang-orang yang terbaik serta memiliki spirit dan values yang sama. Kondisi ini sudah lama berkembang di Amerika Serikat dan Eropa. Oleh sebab itu, Negara-negara di sana tergolong sebagai hight trust society di mana pemimpin dan para pengikutnya saling percaya dan saling menghargai karena mereka sudah sama dan setara. (Robby Djohan).

Lalu bagaimana agar UPK Sinergis DAPM dapat menjadi bagian bangsa yang dapat digolongkan sebagai legal hight trust organizations?. Pertama, seorang leader harus mengerti perannya sebagai pemimpin di mana dia itu lebih menjadi dirigent dari suatu proses. Kedua, seorang leader harus memiliki orang-orang terbaik dan mereka ingin dekat dengan pemimpinnya karena pengalaman, pengetahuan, dan pemikirannya memiliki kesamaan. Ketiga, adanya values dan system atau aturan yang jelas sehingga semua orang tidak berpikir berdasarkan system yang dianutnya sendiri-sendiri.

Rekrutmen kelembagaan Bumdesa Bersama tempo lalu (12/05/16), bisa menjadi satu contoh case pijakan  menarik. Tim rekrutmen mengambil berbagai resiko dengan aturan yang bersih, tegas dan terbuka serta menggunakan metoda dan tim penguji yang professional, meskipun banyak tekanan kepentingan dari pihak luar. Namun memperbaiki Bumdesa dengan kolektibilitas yang tinggi dan produktifitas asset yang rendah merupakan tugas-tugas yang begitu besar dan tidak mungkin hanya dikerjakan satu orang. Sulit sekali seorang presdir untuk bekerja sendiri karena teamwork akan sangat menentukan keberhasilannya. Kita harus memiliki satu tim yang professional dengan pemikiran yang sama, yaitu kepentingan masyarakat dan nasabah serta stakeholder dan masalah-masalah yang dihadapi di lingkungan kita. Dengan fokus menyelesaikan tunggakan dan mengoptimalkan kinerja dengan efektifitas dan evisiensi cost dan Optimalisasi corporate values Bumdesa Bersama maka paling tidak 80% dari masalah sudah dapat diatasi.

Kesimpulannya, keberhasilan menyelesaikan problem-problem di UPK Sinergis bukan tergantung pada Direksi sendiri, melainkan juga karena tim yang kuat serta adanya dukungan dari all stakeholders. Kunci keberhasilan seorang pemimpin itu tergantung pada bagaimana dia menggalang semua resources yang ada, baik itu pasar, pembiayaan, manusia, maupun system kerjanya. Seorang pemimpin harus berhasil membuat orang-orang terbaik itu bersedia dan senang bekerja sama serta memiliki commitment yang sangat motivative.

Selamat Bekerja, Salam Sinergis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *